Bentuk Bentuk Algoritma


Bentuk Bentuk Algoritma - Sebelum mulai membahas tentang bahasa pemrograman, anda perlu mempelajari terlebih dahulu dasar dari suatu pemrograman dan bahasa pemrograman. Salah satu dasar dari pemrograman adalah logika atau nalar atau pemikiran atau disebut algoritma. Algoritma sebenarnya sudah kita lakukan semenjak lahir tetapi belum kita pahami bagaimana algoritma itu berjalan. Sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian dan jenis-jenis algoritma, sekarang saya akan membahas tentang bentuk bentuk algoritma.

Algoritma Beruntun/Berurutan (Sequence Algorithm)


Algoritma berurutan merupakan algoritma yang tersusun secara berurutan dari awal hingga akhir. Setiap langkah akan di kerjakan secara berurutan oleh program sesuai dengan urutan yang disusun oleh programmer. Langkah selanjutnya dikerjakan setelah langkah sebelumnya telah selesai dikerjakan.

Algoritma Percabangan (Branching Algorithm)


Algoritma Percabangan adalah algoritma yang menjalankan pernyataan ketika kondisi memenuhi syarat. Algoritma percabangan juga harus tersusun berurutan tetapi percabangan menggunakan pernyataan "Jika" untuk melakukan pengujian kondisi, jika kondisi sesuai persyaratan makan akan menjalankan pernyataan.
Untuk lebih lanjut, saya jelaskan di judul Algoritma Percabangan.

Algoritma Perulangan (Looping Algorithm)


Algoritma Perulangan merupakan algoritma yang menjalankan pernyataan ataupun langkah secara berulang-ulang. Biasanya algoritma ini digunakan untuk mengulang perintah tanpa menulis ulang perintah tersebut. Algoritma ini berfungsi untuk mengefisiensi waktu dalam mengulang perintah.

Sekian penjelasan saya tentang bentuk bentuk algoritma, kamu dapat mempelajarinya satu per satu. Jika ada pertanyaan ataupun membutuhkan sesuatu silahkan tulis komentar atau hubungi saya melalui facebook.
Previous
Next Post »