Algoritma Percabangan


Algoritma Percabangan - Algoritma merupakan dasar dari seluruh pemrograman baik website, mobile ataupun desktop. Algoritma memiliki beberapa bentuk seperti berurutan (sekuensial), percabangan (branching) dan perulangan (looping). Pada kali ini saya akan bahas tentanga algoritma percabangan.
Algoritma Percabangan ( Branching ) adalah algoritma dalam bentuk suatu pilihan atau Opsi dengan kondisi tertentu. Jika kondisi atau syarat yang ditentukan terpenuhi, maka  pilihan atau opsi akan dijalankan, berlaku sebaliknya.
Percabangan dibutuhkan ketika terdapat beberapa kemungkinan keputusan yang mungkin dalam diagram alur. Setiap kemungkinan tersebut bergantung terhadap nilai variabel ataupun berdasarkan evaluasi kondisi logika.. Kondisi logika adalah perbandingan dua atau lebih variabel dengan menggunakan operator logika.

Struktur Algoritma Percabangan

Dalam bahasa pemrograman biasanya percabangan dilakukan dengan menggunakan pernyataan "if", jika di bahasa kehidupan sehari-hari adalah "Jika". Bentuk percabangan dalam pseudocode adalah sebagai berikut :
If kondisi 1 then
<Statement 1>
Else if kondisi 2 then
<Statement 2>
Else #Opsional
<Statement 3>
End If
Alur berjalannya program adalah dengan menguji kondisi menggunakan kondisi logika. Pada kondisi 1, kondisi akan diuji, jika memenuhi syarat maka pernyataan akan dijalankan. Jika di kondisi 1 tidak memenuhi syarat, maka program akan menguji di kondisi 2. dan jika kondisi 1 dan kondisi 2 juga tidak memenuhi syarat maka program akan menjalankan kondisi lain (Else).
Kondisi bisa disesuaikan dengan banyaknya kemungkinan suatu masalah dan tidak berpatok hanya 2 kondisi. Kondisi lain (Else) juga tidak harus ada pada setiap percabangan. Kondisi else akan dijalankan ketika kondisi yang di tentukan tidak terpenuhi syaratnya, bisa dikatakan kondisi else merupakan pilihan terakhir.
Contoh algoritma percabangan dalam kehidupan sehari-hari adalah "jika anda makan, maka anda kenyang". Contoh lain adalah "jika nilai ujian nasional lebih dari 50, maka anda lulus, jika kurang dari 50 maka anda dinyatakan tidak lulus". Dalam pseudocode, alur algoritmanya sebagai berikut :
If nilai_un >= 50 then
 print "Anda Lulus"
Else 
 print "Anda Tidak Lulus"
End If
Dalam algoritma diatas, saya menggunakan operator lebih besar dan sama dengan yang berarti sebagai lebih besar atau sama dengan. Untuk kondisi "Jika nasional kurang dari 50" saya hanya menggunakan kondisi else yang berarti selain nilai diatas 50 akan langsung memberikan pernyataan "Anda Tidak Lulus".
Jika menggunakan algoritma flowchart atau diagram alir, maka bentuk algoritma percabangan adalah sebagai berikut :
Flowchart Algoritma Percabangan

Sekian penjelasan saya mengenai materi algoritma percabangan, jika ingin bertanya atau membutuhkan sesuatu silahkan komentar di bawah atau bisa bertanya melalu facebook.
Previous
Next Post »