Jenis jenis Algoritma

Jenis jenis Algoritma

Jenis jenis algoritma - Pada postingan sebelumnya, saya sudah memberitahu pengertian dan contoh algoritma. Anda pasti sudah tau kalau penyelesaian masalah yang anda hadapi sehari - hari selalu menggunakan algoritma walaupun anda tidak sadar bahwa anda telah membuat algoritma sendiri untuk memecahkan masalah anda. Algoritma memiliki beberapa jenis untuk mengungkapkan algoritma tersebut. Berikut saya jelaskan jenis jenis algoritma.

Pseudocode

Pseudocode atau kode semu merupakan salah satu bentuk penggambaran algoritma yang paling mudah karena bisa menggunakan bahasa kita sehari-hari agar lebih mudah dimengerti. Metode ini biasanya dibuat menggunakan tulisan. Metode ini sangat mudah dipahami karena bisa menggunakan bahasa indonesia.
Metode ini memiliki kelemahan, yaitu karena bahasanya bisa menggunakan bahasa apapun, jadi ada kemungkinan orang lain tidak bisa mengerti bahasa yang kita gunakan.

Contoh Pseudocode :
Menghitung Luas Segitiga
Rumus : L = 0.5*a*t
Mulai
Input alas
Input tinggi
Luas = 0.5*a*t
Cetak Luas
Selesai

Flowchart

Flowchart atau Diagram Alir merupakan metode menggambarkan suatu sistem algoritma dalam bentuk struktur atau bentuk diagram. Kelebihan dari metode ini adalah algoritma di gambarkan dalam bentuk tertentu dan lebih mudah dipahami oleh orang lain.
Beriku ini adalah simbol-simbol umum untuk membuat flowchart.
Simbol flowchart
Contoh Flowchart :
Menghitung luas segitiga.
Rumus : L = 0.5*a*t
Contoh Flowchart

Sekian penjelasan dari saya tentang jenis jenis algoritma, jika anda masih kurang mengerti bisa komentar di bawah atau melalui akun sosial media

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Kabar Zone
AUTHOR
4 Oktober 2017 pukul 06.56 delete

nah ini yang dibutihin :D thx Info

Reply
avatar