Jenis-Jenis Algoritma Pengurutan (Sorting)


Jenis-Jenis Algoritma Pengurutan (Sorting) - Pengurutan sangat dibutuhkan untuk menyusun data yang acak apalagi data itu sangat banyak, akan pening jika mengurutkannya secara manual. Pengurutan ini dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu Ascending (Asc) dan Descending (Desc). Untuk mengetahui lebih jelas tentang 2 hal tersebut, silahkan buka perbedaan Asc dan Desc.

Pengurutan (Sorting) merupakan sebuah algoritma yang digunakan untuk mengurutkan data dari yang terendah atau sebaliknya. Untuk tingkat pemula, biasanya jenis sorting yang digunakan adalah bubble sort karena penggunaannya sangat sederhana dan mudah namun memakan waktu yang lama jika data yang ingin di urutkan banyak.

Berikut adalah beberapa jenis algoritma pengurutan (sorting) :

1. Bubble Sort

Bubble sort atau pengurutan secara gelembung ini merupakan algoritma yang sangat sederhana. Algoritma ini dilakukan dengan cara membandingkan masing masing data dalam suatu array secara berpasangan, lalu menukar data tersebut jika di perlukan, dan diulangi hingga data tersebut sudah tidak bisa ditukar lagi. Berikut adalah gambaran bubble sort :

2. Insertion Sort

Insertion sort merupakan algoritma yang membagi elemen menjadi 2, satu elemen untuk yang sudah diurutkan dan satu lagi untuk data yang belum di urutkan kemudian diletakkan pada tempat yang seharusnya. Cara ini dilakukan berulang kali hingga semua data telah terurut. Berikut gambaran insertion sort :

3. Selection Sort

Selection sort dilakukan dengan cara memilih data/elemen yang paling rendah, lalu ditukar dengan elemen/data ke-i. Nilai i dimulai dari 1 ke n dan n adalah jumlah panjang data dikurang 1. Berikut gambaran selection sort :

Sekian artikel saya mengenai jenis-jenis algoritma pengurutan (sorting), jika ada yang ingin di tanya atau request bisa ditulis di kolom komentar.
Terima Kasih.
Previous
Next Post »