Algoritma Percabangan Dalam Bahasa C


Algoritma sangat dibutuhkan dalam membuat program karena algoritma adalah dasar dari programming. Banyak jenis algoritma yang bisa digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah koding. Salah satu algoritma tersebut adalah algoritma percabangan.

Algoritma percabangan merupakan suatu cara dalam menyelesaikan masalah yang bersifat banyak pilihannya atau kondisinya. Algoritma ini akan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah yg membutuhkan banyak kondisi.

Salah satu contoh dalam algoritma ini adalah Jika seorang pegawai bergolongan A, maka gajinya adalah 5 juta rupiah, sedangkan jika pegawai tersebut bergolongan B, maka gajinya adalah 7 juta rupiah.

Dalam soal tersebut maka dibutuhkan percabangan, dalam bahasa pemrograman C, percabangan memiliki struktur sebagai berikut :


if(kondisi_1){
    statement pertama;
}elseif(kondisi_2){
    statement kedua;
}else{
    statement jika kedua statement diatas tidak cocok;
}

Dari struktur berikut bisa dipahami dengan mudah karena hampir sama dengan bahasa manusia. Dari struktur tersebut juga kita bisa menyelesaikan masalah diatas sebagai berikut :

#include <stdio.h>

int main(){
    int gaji;
    char gol;

    scanf("%c", &gol);

    if(gol == 'A'){
        gaji = 5000000;
    }else if(gol == 'B'){
        gaji = 7000000;
    ]
printf("Gaji adalah : Rp. %d ", gaji); getchar(); return 0; }

Soal diatas menggunakan 2 kondisi yaitu jika golongannya A atau jika golongannya B, maka tidak diperlukan menggunakan kondisi else.

Berikut adalah sedikit penjelasan dari saya mengenai Algoritma Percabangan dalam Bahasa C.
Jika ada pertanyaan atau ingin request sesuati silahkan tulis di kotak komentar.
Terima kasih.
Previous
Next Post »