13 Jenis jenis keyboard komputer beserta penjelasannya

13 Jenis jenis keyboard komputer beserta penjelasannya

13 Jenis jenis keyboard komputer beserta penjelasannya - Pada zaman teknologi modern saat ini, komputer merupakan alat yang umum bagi berbagai kalangan. Komputer merupakan sarana terbaik untuk membantu pekerjaan manusia di banyak bidang tertentu. Tetapi, komputer haruslah memiliki keyboard agar pengguna dapat melakukan pekerjaan dengan efisien.

Pengertian Keyboard Komputer

Keyboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input huruf, angka, simbol, dan perintah tertentu. Sesuai dengan namanya, keyboard berbentuk papan yang memiliki banyak tombol dengan fungsinya masing-masing. Tombol juga memiliki fungsi khusus yang dapat di kombinasikan dan memberikan perintah tertentu.

Perangkat keras ini memiliki cara kerja yang unik, yaitu dengan menutup aliran listrik yang ada di dalam komponen keyboard tersebut. Secara otomatis processor akan mengetahui bagian yang aliran listriknya tertutup dengan dibantu oleh ROM. Dengan ini processor akan melakukan perintah sesuai tombol keyboard yang ditekan.

Jenis - Jenis Keyboard Komputer

Pada umumnya keyboard dibedakan dengan konektornya dan bentuknya. Melalui konektor, saat ini keyboard komputer dibedakan menjadi 4, yaitu :

1.   Keyboard Serial

Keyboard Serial

Keyboard ini menggunakan DIN 5 Male yang merupakan port serial yang memiliki 5 buah jarum untuk menghubungkannya ke port computer. Keyboard ini biasanya digunakan pada computer yang berjenis AT dan sekarang sudah jarang digunakan. Keyboard jenis ini memiliki ukuran kabel yang lebih tebal. Selain itu jika salah satu jarum atau pin tersebut rusak, maka keyboard tidak dapat digunakan.

2.   Keyboard PS/2

Keyboard PS/2

Keyboard jenis ini memiliki port yang berbentuk bulat dan didalamnya terdapat 6 jarum atau disebut juga pin. Port jenis ini sama dengan bentuk pada mouse, jadi pemasangannya tidak boleh terbalik. Biasanya port keyboard akan ditandai dengan warna Ungu atau Hitam.
Keyboard ini sering digunakan di computer yang berjenis ATX dan kebanyakan motherboard pada tahun 2018 kebawah masih menyediakan port ini. Selain itu kerusakan pada pin biasanya terjadi akibat bengkoknya pin dan membuat port ini tidak dapat masuk ke port di motherboard.

3.   Keyboard Wireless

Keyboard Wireless

Keyboard jenis ini tidak memiliki kabel tetapi menggunakan jaringan wireless untuk terhubung ke computer. Jenis jaringan yang digunakan beragam seperti infrared, Bluetooth dan Wifi.
Cara kerja keyboard ini pada umumnya sama dengan keyboard lainnya, tetapi keyboard ini memancarkan sinyal ke penerima (computer). Keyboard ini biasanya dilengkapi sebuah perangkat USB sebagai penerima.
Dikarenakan tidak memiliki kabel, keyboard jenis ini merupakan favorit bagi pengguna yang ingin membawa keyboardnya untuk pergi-pergi.

4.   Keyboard USB

Keyboard USB

Pada tahun ini (2020) kebanyakan keyboard yang bersifat wireable menggunakan port USB (Universal Serial Bus) sebagai konektornya. Port ini dapat dapat digunakan dibanyak perangkat seperti mouse, HDD Eksternal, Flashdisk, dan lainnya.
Untuk saat ini port USB memiliki proses transfer data yang relative cepat. Selain itu, kabel yang digunakan dapat lebih tipis dan kemungkinan kerusakan lebih kecil karena lebih keras dan lebih mudah digunakan.
Selain berdasarkan bentuk konektor, keyboard juga dibedakan berdasarkan tombol sebagai berikut.

1.   Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

Keyboard ini merupakan keyboard yang peletakannya tidak berurutan. Penamaan keyboard ini diambil dari baris ketiga yang diambil sebanyak 6 huruf. Saat ini (Tahun 2020) keyboard jenis ini paling sering digunakan.
Peletakan tombol yang tidak berurutan ini awalnya dirancang untuk mesin tik yang berguna untuk memperlambat ketikan. Pada mesin mekanik (tik) susunan ini sangat berguna untuk mengurangi kemacetan yang terjadi.
Sebanyak 48% dari tombol yang ada hanya dilakukan oleh sebuah tangan. Selain itu, peletakan ini memberikan bebasn lebih ke tangan sebelah kiri. Dari kondisi tersebut membuat keyboard ini kurang efisien tetapi tetap popular.

2.   Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibuat dengan tujuan untuk memperbaiki kelemahan dari keyboard QWERTY. Cara yang dilakukan adalah dengan memisahkan keyboard menjadi 2 bagian. Kedua bagian dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan mengarah miring ke bawah. Selain itu, tombol pada keyboard ini juga lebih tipis.
Keyboard jenis ini mengurangi beban otot jari-jari dan juga otot bahu dan tangan karena lebih halus dan perhitungan penempatan tombol yang lebih baik.

3.   Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK

Keyboard ini dirancang pada tahun 1932 dengan tujuan untuk menaruh beban pengetikan pada tangan kiri. Tombol yang sering digunakan seperti huruf vokal dan beberapa simbol diletakkan di bagian kiri.
Walaupun tidak familiar di kalangan umum, penelitian yang telah dilakukan membuktikan susunan tombol seperti ini lebih efisien sekitar 10-15%.

4.   Keyboard Maltorn

Keyboard Maltorn

Keyboard jenis ini memiliki susunan tombol yang hampir sama dengan keyboard QWERTY, tetapi dibedakan dengan terdapat beberapa tombol di tengah yang memiliki fungsi tersendiri. Selain itu, keyboard ini juga tidak rata seperti keyboard pada umumnya. Keyboard Maltorn dirancang berbentuk cekung ke dalam agar jari-jari pengguna lebih nyaman saat mengetik.
Pihak Maltorn mengklain bahwa keyboard rancangan mereka bebas dari RSI (Repetive Stress Injuries) bagi para pengguna. Selain itu, keyboard ini juga dirancang agar lebih efisien dan optimal karena menggunakan 10 jari saat mengetik.

5.   Keyboard One-Handed

Keyboard One-Handed

Keyboard ini merupakan setengah dari keyboard QWERTY. Tombol yang ada hanyalah setengah dari keyboard QWERTY dan keyboard ini tidak cocok untuk keperluan pekerjaan pada umumnya.
Keyboard jenis ini biasanya digunakan untuk pengguna yang bermain game FPS (First Person Shooter). Para pemain biasanya memilih keyboard ini dikarenakan respon ke komputer lebih cepat dan tidak memakan tempat yang luas. Dengan begitu lebih leluasa dalam menggerakkan mouse.

6.   Keyboard Chord

Keyboard Chord

Sebenarnya keyboard ini hanya memiliki 4 – 5 tombol dan jika ingin memasukkan huruf lain, maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Jenis keyboard ini ada 2, yaitu Palantype dan Stenotype.
Palantype memiliki 3 karakter yaitu konsonan awal kelompok pada bagian kiri, konsonan tengah menunjukkan kelompok vokal, dan konsonan terakhir pada bagian kanan.
Sedangkan Stenotype merupakan jenis yang sering digunakan untuk mencatat hasil pembicaraan dan banyak digunakan oleh jurnalis ataupun wartawan pada zamannya.

7.   Keyboard Numeric

Keyboard Numeric

Keyboard ini merupkan keyboard yang hanya berisi angka dan beberapa simbol untuk operator perhitungan. Keyboard ini berfungsi untuk memasukkan angka dan operator perhitungan.
Keyboard jenis ini akan memudahkan pengguna untuk memasukkan angka dalam jumlah yang banyak karena hanya menggunakan satu tangan. Selain itu, keyboard ini juga lebih fleksibel dan efisien untuk dibawa kemana-mana. Biasanya keyboard ini digunakan oleh para akuntan atau profesi yang berhubungan dengan angka.


8.   Keyboard Mechanical

Keyboard Mechanical
Melalui segi susunan tombol, keyboard ini sama dengan keyboard QWERTY. Tetapi, komponen yang digunakan berbeda dengan keyboard pada umumnya. Keyboard ini menggunakan switch di setiap tombol keyboard yang berfungsi untuk mendaftarkan perintah ke program.
Switch ini mempercepat proses penyampaian informasi ke program dan lebih cepat menghasilkan output atau timbal balik.
Tujuan perancangan keyboard ini adalah untuk para pemain game yang membutuhkan respon cepat dari inputan. Selain cepat, keyboard ini juga lebih tahan tekanan keras daripada keyboard pada umumnya.

9.   Keyboard Virtual

Keyboard Virtual

Selain keyboard dengan tombol yang berwujud fisik, era sekarang sudah dibuat keyboard dengan bentuk virtual. Susunan tombol yang digunakan saat ini adalah susunan dari keyboard QWERTY.
Keyboard yang sering muncul di film berbasis teknologi tinggi ini dapat dibawa kemana saja dengan mudah. Tetapi, harus ada alas yang digunakan untuk memproyeksikan setiap tombol. Alas yang disarankan adalah memiliki permukaan rata seperti meja.
Berikut penjelasan yang sederhana mengenai 13 Jenis jenis keyboard komputer beserta penjelasannya dan semoga membantu.
Latest
Previous
Next Post »