Hardware yang berpengaruh dengan perangkat lainnya


Hardware atau perangkat keras merupakan perangkat yang memiliki wujud dan bisa disentuh. Sesuai namanya, hardware adalah seluruh perangkat komputer yang memiliki fisik secara nyata. Kebanyakan perangkat keras juga memiliki data didalamnya ataupun yang diproses di dalamnya. Perangkat keras ini dibutuhkan untuk melakukan proses pengolahan data dan dioperasikan oleh bahasa pemrograman tertentu.

Komputer membutuhkan beberapa komponen tertentu agar dapat beroperasi dengan efektif. beberapa komponen yang mempengaruhi perangkat keras lainnya, seperti motherboard, Chipset, Processor, RAM, ROM, Fan, Port, Power Supply dan Kabel Power, VGA dan Kabelnya. Komponen tersebut memiliki kaitan dengan kinerja computer dan berikut penjelasannya.

1. Motherboard 

Motherboard merupakan papan sirkuit berupa PCB yang menampung banyak komponen yang saling terhubung dan mengatur cara kerja komponen lainnya. Komponen ini merupakan komponen utama yang harus ada pada berbagai alat elektroknik juga computer. Tanpa papan ini computer tidak dapat dioperasikan.
Motherboard menyimpang banyak komponen penting seperti slot chipset, VGA, RAM, SATA/IDE, CMOS, Processor, Power Management, dan lainnya.

2. Chipset 

Chipset adalah sekumpulan chip-chip atau biasa disebut dengan IC (Integrated Circuit). Chip-chip ini dirancang dengan fungsi-fungsi tertentu agar dapat saling bekerjasama satu dengan yang lain. Chipset pada komputer berfungsi sebagai pengatur lalu lintas aliran data dalam sebuah komputer. Misalkan saja, ketika Anda menyalakan komputer, maka perangkat yang pertama kali menyala adalah Processor. Disaat itulah processor mulai bekerja. Kemudian Harddisk melakukan proses loading sistem operasi, dilanjutkan proses booting yang membutuhkan kapasitas RAM. Semua proses tersebut diatur oleh chipset. Tanpa adanya komponen ini, maka aliran data akan berantakan dan membuat computer sering melakukan kesalahan.

3. Processor

Processor merupakan salah satu komponen penting komputer yang berfungsi untuk memproses data dan mengontrol sistem yang ada pada komputer. Processor juga bisa disebut sebagai otak dari komputer. Secara singkat, processor bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. Komponen ini merupakan bagian yang harus ada karena berfungsi untuk mengatur kinerja dan pengolahan data pada computer. Misalnya adalah untuk perhitungan, pencarian informasi, dan lainnya.

4. RAM

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat dalam sebuah komputer atau gadget yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. RAM berfungsi untuk membaca data dan menyimpannya sementara selama proses masih berlangsung. Tanpa komponen ini biasanya computer tidak akan menyala karena dari awal proses menghidupkan computer akan langsung menggunakan RAM untuk membaca data dari BIOS dan data system operasi.

5. Fan

Fan (Kipas) adalah perangkat yang berfungsi untuk menjaga perangkat tetap bersuhu stabil dan tidak terlalu panas. Perangkat yang paling sering panas adalah Processor dan apabila terlalu panas maka biasanya computer akan secara otomatis melakukan restart agar suhu processor stabil. Komponen yang terlalu panas akan berakibat buruk pada motherboard dan komponen itu sendiri. Salah satu akibatnya adalah melelehnya papan PCB atau bahkan bisa sampai terbakar. Maka, kipas ini sangat diperlukan agar komponen tertentu tetap stabil dan fungsinya tetap efektif.

6. Port

Port atau soket merupakan perangkat yang harus ada untuk meletakkan komponen tertentu berdasarkan jenis portnya. Misalnya soket untuk Processor yang khusus dan sesuai tipe processor tertentu atau port USB tempat menyambungkan perangkat input seperti mouse atau keyboard. Tidak adanya port ini akan mengakibatkan perangkat tidak dapat tersambung ke computer.

7. Power Supply

Power Supply adalah perangkat yang bertugas untuk memanajemen daya yang masuk ke motherboard. Motherboard akan membaginya sesuai dengan kebutuhan perangkat lainnya seperti RAM, Processor dan lainnya. Komponen ini adalah kebutuhan utama untuk computer karena tanpa adanya komponen ini daya ke computer tidak akan ada dan membuat computer tidak dapat menyala.
Selain Power Suppy, kabel power juga dibutuhkan untuk menyambungkan power supply ke listrik.

8. VGA

VGA (Video Graphics Array) adalah standar grafis terakhir yang diikuti oleh matoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Untuk computer pada keluaran terbaru, Processor sudah dilengkapi dengan grafik tertentu yang membuat VGA Card tidak diperlukan. Pada computer lama, VGA Card mempengaruhi kualitas tampilan pada layar monitor.

Berikut penjelasan yang sederhana mengenai Hardware yang berpengaruh dengan perangkat lainnya dan semoga membantu.

Previous
Next Post »