Tipe Data pada Python


Tipe Data pada Python - Sebelum melanjut ke pembahasan bahasa pemrograman python, anda perlu mengetahui apa jenis data yang akan anda gunakan dalam membuat suatu variabel atau konstanta.

Tipe data merupakan suatu media yang berfungsi untuk menyatakan jenis nilai yang dimiliki oleh suatu variabel atau konstanta pada sebuat bahasa pemrograman.

Dalam bahasa pemrograman python, ada beberapa tipe data yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda.


  1. Tipe Data Integer ( Bilangan Bulat )
    Tipe data integer merupakan tipe data yang menyatakan sebuah variabel atau constanta yang bernilai bilangan bulat. Dalam bahasa pemrograman python, tipe data integer ditulis dengan cara: int(isi/variabel/konstanta).Contoh tipe data integer : 2, 15, -2, -15
    Contoh penggunaan tipe data integer di python :
    nilai = int(90)
    nilai = int(input())
    nilai = int(nilai_a + nilai_b)
  2. Tipe Data String (Kalimat)
    Tipe data string merupakan tipe data yang menyatakan sebuah variabel atau konstanta bernilai kalimat atau kumpulan dari beberapa huruf dan kata. Ciri ciri khusus penggunaan tipe data string adalah adanya tanda kutip dua atau kutip satu dalam isinya jika isinya bukan variabel. Dalam bahasa pemrograman python, tipe data string ditulis dengan cara :
    string(isi/variabel/konstanta).
    Contoh tipe data string : "Saya", "Kamu", 'Dia', 'Mereka'
    Contoh penggunaan tipe data string di  python :
    nama = "Richy"
    nama = str(namakamu)
    nama = str(input())
    nama = input()

  3. Tipe Data Float (Bilangan Desimal)
    Tipe data float merupakan tipe data yang menyatakan sebuah variabel atau konstanta bernilai bilangan desimal atau bilangan berkoma. Koma yang digunakan adalah dalam standart internasional yaitu (.), bukan tanda koma dalam standart indonesia. Tipe data ini bisa diatur berapa banyak penggunaan angka dibelakang koma dengan menggunakan
    "%.nf" % variabel . Dengan n adalah berapa banyak angka dibelakang koma yang anda inginkan/butuhkan, dan variabel adalah nama variabel yang anda gunakan dengan tipe data float. Dalam bahasa pemrograman python, tipe data float ditulis dengan cara : float(isi/variabel/konstanta).
    Contoh tipe data float : 1.5, 5.0, 2.99, 15.900
    Contoh penggunaan tipe data float di python :
    nilai = float(50.00)
    nilai = float(input())
    nilai = float(A + B)

  4. Tipe Data Boolean (Logika)
    Tipe data bolean merupakan tipe data yang menyatakan sebuah variabel atau konstanta bernilai benar atau salah. Isi dari tipe data ini hanya ada 2, yaitu True dan False. Jika True, maka bernilai 1, dan sebaliknya, jika False maka bernilai 0. Penulisan kata Trua atau False harus benar dan tidak menggunakan tambahan.
    Contoh tipe data boolean : True, False
    Contoh penggunaan tipe data boolean di python :
    nilai = True
    nilai = False
  5. Tipe Data Heksadecimal
    Tipe data ini berfungsi untuk menyatakan sebuah variabel atau konstanta bernilai heksadesimal yang memiliki radiks 16. Tipe data ini hanya dapat berisi nilai dengan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, a, b, c, d ,e, f.
    Contoh penggunaan tipe data heksadecimal di python :
    nilai = 9a

  6. Tipe Data List
    Tipe data list merupakan kumpulan data berupa variabel dengan berbagai jenis tipe data. Data dengan tipe data list ini dapat diubah nilainya. Tipe data ini dimulai dan diakhiri dengan menggunakan kurung siku serta di batasi dengan tanda koma.
    Contoh penggunaan tipe data list di python :
    data = ["IPA", 90, 85, 89.00]
  7. Tipe Data Tuple
    Tipe data ini hampir sama dengan tipe data list, namu perbedaannya adalah nilai pada tipe data ini tidak dapat dirubah atau konstanta. Tipe data ini diawali dan diakhiri dengan kurung biasa dan dibatasi dengan koma.
    Contoh penggunaan tipe data tuple di python :
    data = ("Nama", 90, 15.00, 9a)
  8. Tipe Data Dictionary
    Tipe data dictionary menyimpan berbagai variabel ataupun nilai dengan tipe data yang berbeda serta memiliki pasangan setiap nilainya. Tipe data ini diawali dan diakhiri dengan kurung kurawal dan dibatasi dengan koma dan setiap pasangan di tengahi dengan tanda titik dua.
    Contoh penggunaan tipe data Dictionary di python :
    data = {"Nama":"Richy", "Nilai":90}
Sekian jenis-jenis tipe data pada python yang saya jelaskan. Jika ingin bertanya atau membutuhkan sesuatu silahkan tulis di kotak komentar atau hubungi melalui facebook.
Previous
Next Post »