Pengenalan Bahasa Pemrograman C


Pengenalan Bahasa Pemrograman C - Pada umumnya aplikasi-aplikasi yang sering kita gunakan mulai dari OS, antivirus, pengolah gambar dan lainnya banyak yang menggunakan bahasa pemrograman ini. Salah satu contoh sistem operasi yang menggunakan bahasa pemrograman ini adalah Unix. Bahasa pemrograman ini dikembangkan dengan tujuan mampu membuat aplikasi yang berhubungan dengan sistem operasi dan hardware (Driver).

Pengertian Bahasa C

Bahasa pemrograman C termasuk kedalam bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi atau disebut general-purpose programming language.

Bahasa pemrograman C ditemukan oleh Dennis M. Ritchie yang bekerja di Bell Labs pada tahun 1972. Bell Labs merukapan salah satu pusat penelitian yang bertempat di Murray Hill, New Jersey, Amerika Serikat.

Dennis awalnya menggunakan bahasa assembly untuk membuat sistem operasi UNIX, tetapi karena bahasa ini terlalu rumit untuk dimengerti manusia, maka dia membuat bahasa pemrograman B. Namun bahasa pemrograman itu juga masih banyak kekurangan lalu akhirnya dilengkapi dengan menyebutnya bahasa pemrograman C.

Setelah sistem operasi Unix berhasil dibuat dengan bahasa pemrograman ini, maka banyak perusahaan lain yang menggunakan bahasa pemrograman ini juga seperti Linux dan Mac OS.

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C

Kelebihan bahasa pemrograman C, yaitu :
  1. Kode bersifat portable. Suatu program yang ditulis dengan bahasa C untuk komputer tertentu dapat juga digunakan dikomputer lain hanya dengan sedikit modifikasi pada kode.
  2. Bahasa pemrograman C tersedia di berbagai jenis komputer
  3. Berbagai struktur data dan pengendalian proses disediakan dalam bahasa pemrograman C sehingga memungkinkan untuk membuat pemrograman terstruktur.
  4. Bahasa pemrograman C memungkinkan memanipulasi data dalam bentuk bit maupun byte, selain itu memungkinkan juga untuk memanipulasi alamat suatu data atau pointer
Kelemahan bahasa pemrograman C, yaitu :
  1. Banyak operator serta fleksibilitas penulisan program yang kadang - kadang membingungkan programmer.
  2. Para programmer pemula umumnya belum pernah mengenal pointer.
Sekian artikel saya mengenai Pengenalan bahasa pemrograman C, jika ada masukan atau ingin bertanya silahkan tulis di kolom komentar.
Terima Kasih.
Previous
Next Post »